Bangun Desa

SI MUNGIL LINCAH DALAM MEMELIHARA BUDAYA SUNDA

5
(2)

CIANJUR_Di zaman sekarang boleh maju, teknologi boleh baru dan modern, era digital, tetapi karakter Budaya Sunda khususnya Kaulinan Tradisional khas Jawa Barat tidak hilang dimana anak anak lebih cenderung mengenal permainan modern jamannya smartphone.

Adapun permainan atau kaulinan tradisional ini yang selalu dilakukan anak anak hampir setiap hari di depan halaman rumah, lahan kosong atau di lingkungan sekolah dan alam bebas.

Permainan atau kaulinan tradisional bisa dilakukan anak anak SD, SMP serta SMA sampai mahasiswa yang tidak pernah melupakan khas permainan Jawa Barat.

Sementara itu, permainan atau kaulinan tradisional seperti : kaulinan panggal (gangsing), congklak, galah, bekles, sepintrong, maen karet loncat tinggi dan lain lain yang di jaman sekarang ini sudah tidak pernah ditemukan atau dimainkan anak anak.

Dalam permainan tradisional itupula kita akan menjumpai nilai nilai dan filosofi yang berguna bagi perkembangan karakter bangsa dikemudian hari.
Contoh nya : jiwa gotong royong, sportivitas, kejujuran, kebersamaan dan saling menghargai.

Pihak sekolah berharap dengan anak anak di jaman sekarang yang dikelilingi teknologi modern tidak akan pernah melupakan permaianan atau kaulinan tradisional di Jawa Barat bahkan akan di ingat selalu dan di abadikan ( DIANA ).

Seberapa bermanfaatnya berita ini?

Klik bintang untuk memberi nilai

Nilai rata-rata 5 / 5. Jumlah vote: 2

Belum ada nilai! Jadilah yang pertama!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close